Selasa, 22 Maret 2016

PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN 

Kebudayaan adalah faktor penentu keinginan dan perilaku seseorang, terutama dalam perilaku pengambilan keputusan dan perilaku pembelian. 

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat, oleh karena itu kebudayaan juga dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Ada beberapa contoh yang menunjukkan bahwa kebudayaan mempengaruhi masyarakat dalam mengkonsumsi barang atau jasa, antara lain :

  • Makanan Pokok
Beras merupakan makanan pokok masayarakat Indonesia,ini sudah menjadi kebiasaan atau bisa disebut kebudayaan yang tanpa sadar telah mengakar dalam diri masyarakat Indonesia sehingga tercipta lah kalimat “belum makan nasi berarti belum makan”,sehingga pembelian beras sangat tinggi di Indonesia bahkan ada produsen yang mengimpor beras untuk mendapat kuliatas yang bagus dibandingkan kualitas beras di Indonesia guna menarik minat para konsumen.
  • Hari Raya
Budaya hari raya merupakan hal yang selalu terjadi setiap tahunnya. Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki 5 agama dalam satu negara,saat hari raya besar yang berasal dari 5 agama berlangsung akan sangat mempengaruhi konsumsi masyarakat. Seperti hari raya Idul fitri atau lebaran,budaya yang telah tertanam dalam masyrakat Indonesia sejak dulu adalah menyediakan ketupat dan opor ayam,kedua makanan ini merupakan makanan yang dianggap wajib dalam memeriahkan idul Fitri. Dengan budaya yang seperti ini pembelian dan konsumsi ayam dan beras akan sangat meningkat sehingga sangat menguntungkan bagi para pedagang,begitu pula saat natal tiba pembelian pernak-pernik natal akan meningkat tajam.
  • Pernikahan
Pernikahan di Indonesia merupakan hal yang dianggap sakral dan penting,bagi masyarakat Indonesia pernikahan harus diadakan sesuai kebudayaan yang dimiliki masing-masing masyarakat. Dengan adanya pernikahan maka pembelian barang-barang yang berhubungan dengan pernikahan itu pun meningkat. Dan perlu diingat bahwa kebudayaan-kebudayaan di Indonesia merupakan kebudayaan yang dapat dibilang “rumit”,sehingga hal ini dapat meningkat konsumsi seseorang.
  • Kebudayaan Luar
Dijaman globalisasi ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa banyak kebudayaan-kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia yang dapat mempengaruhi pandangan masayrakat dan hal ini juga dapat membuat seseorang menjadi lebih konsumtif. Sebagai contoh kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia baru-baru ini adalah kebudayaan korea. Masayarakat Indonesia sekarang sedang mengandrungi artis-artis korea dari boyband/girlband sampai aktor/aktrisnya. Dengan dia mengidolakan artis yang berasal dari negara gingseng tersebut membuat seseorang akan selalu berusaha membeli apapun yang berhubungan dengan artis tersebut,seperti  pakaian maupun pernak-pernik yang sama yang digunakan artis tersebut. Dan hal ini akan meningkatkan sifat konsumtif seseorang.

Budaya pada gilirannya akan mempengaruhi pengembangan dalam implikasi pemasaran seperti perencanaan produk, promosi ,distribusi dan penetapan harga. Untuk mengembangkan strategi yang efektif pemasar perlu mengidentifikasi aspek-aspek penting kebudayaan dan memahami bagaimana mereka mempengaruhi konsumen. Sebagaimana strategi dalam penciptaan ragam produk.

Contoh prodak indonesia yang mempengaruhi budaya masyarakatnya adalah jamu, Jamu adalah obat tradisional berbahan alami warisan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi untuk kesehatan. Sebagian besar masyarakat mengkonsumsi jamu karena dipercaya memberikan andil yang cukup besar terhadap kesehatan baik untuk pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit maupun dalam hal menjaga kebugaran, kecantikan dan meningkatkan stamina tubuh.

Di Indonesia kita punya prodak jamu yaitu Jamu Sido Muncul, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk adalah perusahaan jamu tradisional dan farmasi dengan menggunakan mesin-mesin mutakhir. Berawal pada tahun 1940 di Yogyakarta dan dikelola oleh Ny. Rahkmat Sulistio, Sido Muncul yang semula berupa industri rumahan ini secara perlahan berkembang menjadi perusahaan besar dan terkenal seperti sekarang ini. Pada tahun 1951, Sido Muncul mulai berdiri.



Berikut beberapa prodak jamunya :

~Tolak Angin
      ~Temulawak
     ~Kuku Bima

Dan masih banyak lagi prodak-prodak yang dikeluarkan oleh Sidomuncul beserta manfaat-manfaat yang terkandung didalamnya.




 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 komentar:

  1. Cieee.... yang mau nikah, tulisannya menyungging Nikah :)
    Bagus Singkat Padat

    BalasHapus
  2. hahaha, ngga ko pa,,ini hanya kebetulan aja hihi

    Terimakasih banyak pa komentarnya :)

    BalasHapus