PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN
Kebudayaan adalah faktor penentu keinginan dan perilaku seseorang, terutama dalam perilaku pengambilan keputusan dan perilaku pembelian.
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat, oleh karena itu kebudayaan juga dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Ada beberapa contoh yang menunjukkan bahwa kebudayaan mempengaruhi masyarakat dalam mengkonsumsi barang atau jasa, antara lain :
- Makanan Pokok
Beras merupakan makanan pokok masayarakat
Indonesia,ini sudah menjadi kebiasaan atau bisa disebut kebudayaan yang
tanpa sadar telah mengakar dalam diri masyarakat Indonesia sehingga
tercipta lah kalimat “belum makan nasi berarti belum makan”,sehingga
pembelian beras sangat tinggi di Indonesia bahkan ada produsen yang
mengimpor beras untuk mendapat kuliatas yang bagus dibandingkan kualitas
beras di Indonesia guna menarik minat para konsumen.
- Hari Raya
Budaya hari raya merupakan hal yang selalu
terjadi setiap tahunnya. Negara Indonesia merupakan negara yang
memiliki 5 agama dalam satu negara,saat hari raya besar yang berasal
dari 5 agama berlangsung akan sangat mempengaruhi konsumsi masyarakat.
Seperti hari raya Idul fitri atau lebaran,budaya yang telah tertanam
dalam masyrakat Indonesia sejak dulu adalah menyediakan ketupat dan opor
ayam,kedua makanan ini merupakan makanan yang dianggap wajib dalam
memeriahkan idul Fitri. Dengan budaya yang seperti ini pembelian dan
konsumsi ayam dan beras akan sangat meningkat sehingga sangat
menguntungkan bagi para pedagang,begitu pula saat natal tiba pembelian
pernak-pernik natal akan meningkat tajam.
- Pernikahan
Pernikahan di Indonesia merupakan hal yang
dianggap sakral dan penting,bagi masyarakat Indonesia pernikahan harus
diadakan sesuai kebudayaan yang dimiliki masing-masing masyarakat.
Dengan adanya pernikahan maka pembelian barang-barang yang berhubungan
dengan pernikahan itu pun meningkat. Dan perlu diingat bahwa
kebudayaan-kebudayaan di Indonesia merupakan kebudayaan yang dapat
dibilang “rumit”,sehingga hal ini dapat meningkat konsumsi seseorang.
- Kebudayaan Luar
Dijaman globalisasi ini tidak dapat
dipungkiri lagi bahwa banyak kebudayaan-kebudayaan luar yang masuk ke
Indonesia yang dapat mempengaruhi pandangan masayrakat dan hal ini juga
dapat membuat seseorang menjadi lebih konsumtif. Sebagai contoh
kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia baru-baru ini adalah kebudayaan
korea. Masayarakat Indonesia sekarang sedang mengandrungi artis-artis
korea dari boyband/girlband sampai aktor/aktrisnya. Dengan dia
mengidolakan artis yang berasal dari negara gingseng tersebut membuat
seseorang akan selalu berusaha membeli apapun yang berhubungan dengan
artis tersebut,seperti pakaian maupun pernak-pernik yang sama yang
digunakan artis tersebut. Dan hal ini akan meningkatkan sifat konsumtif
seseorang.
Budaya pada gilirannya akan mempengaruhi pengembangan dalam implikasi
pemasaran seperti perencanaan produk, promosi ,distribusi dan penetapan
harga. Untuk mengembangkan strategi yang efektif pemasar perlu
mengidentifikasi aspek-aspek penting kebudayaan dan memahami bagaimana
mereka mempengaruhi konsumen. Sebagaimana strategi dalam penciptaan
ragam produk.
Contoh prodak indonesia yang mempengaruhi budaya masyarakatnya adalah jamu, Jamu adalah obat tradisional berbahan alami warisan budaya yang telah
diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi untuk
kesehatan. Sebagian
besar masyarakat mengkonsumsi jamu karena dipercaya memberikan andil
yang cukup besar terhadap kesehatan baik untuk pencegahan dan pengobatan
terhadap suatu penyakit maupun dalam hal menjaga kebugaran, kecantikan
dan meningkatkan stamina tubuh.
Di Indonesia kita punya prodak jamu yaitu Jamu Sido Muncul, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk adalah perusahaan jamu tradisional dan farmasi dengan menggunakan mesin-mesin mutakhir. Berawal pada tahun 1940 di Yogyakarta dan dikelola oleh Ny. Rahkmat Sulistio, Sido Muncul yang semula berupa
industri rumahan ini secara perlahan berkembang menjadi perusahaan besar
dan terkenal seperti sekarang ini. Pada tahun 1951, Sido Muncul mulai
berdiri.
Berikut beberapa prodak jamunya :
~Tolak Angin
~Temulawak
~Kuku Bima
Dan masih banyak lagi prodak-prodak yang dikeluarkan oleh Sidomuncul beserta manfaat-manfaat yang terkandung didalamnya.
Cieee.... yang mau nikah, tulisannya menyungging Nikah :)
BalasHapusBagus Singkat Padat
hahaha, ngga ko pa,,ini hanya kebetulan aja hihi
BalasHapusTerimakasih banyak pa komentarnya :)